Wednesday 15 June 2016

Pendaftaran SM-3T 2016 Di Buka (16 Juni 2016, pukul 13.00 WIB), Inilah Alamat Pendaftarannya

Selama ini banyak kawan yang bertanya kepada saya, kapan Program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T) 2016 di buka? Hal ini sempat membuat saya bingung dalam menjawabnya, karena informasi yang di berikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T)  terkesan kurang konsisten. 

Meskipun molor dari jadwal yang telah di rilis oleh website Kemendikbud, yakni Pendaftaran Online 6 Juni pukul 07.00 WIB hingga 4 Juli 2016 pukul 23.59 WIB (Baca: Pengumuman rekrutmen seleksi penempatan SM-3T tingkat Nasional tahun 2016). Namun, ada kabar terbaru untuk para guru muda yang ingin menjadi bagian dari guru muda SM-3T. Melalui website Kemendikbud, di informasikan bahwa pendaftaran SM-3T 2016 akan di buka pada 16 Juni 2016, Pukul 13.00 WIB. Ini langsung saya kutip dari website Kemendikbud dan di rilis secara resmi, jadi tidak usah ragu untuk mendaftar. Informasi mengenai seleksi SM-3T, Anda lihat di alamat http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/.

Silahkan Anda buka di Pendaftaran calon Peserta Program SM-3T Tahun 2016. Nanti akan ada tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan Halaman  Pendaftaran online SM-3T 2016




Mengenai pengunduran pendaftaran program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM-3T) 2016 banyak menimbulkan spekulasi di kalangan masyarakat. Betapa tidak, sebelumnya ada kabar yang berhembus, jika program yang sangat di nanti-nantikan oleh pejuang pendidikan ini, akan di tutup atau tidak akan di buka lagi, Hal ini sempat membuat semua sarjana pendidikan kecewa, awalnya memang setelah menyelesaikan studinya akan mendaftar sebagai guru muda yang siap apabila nantinya di tempatkan di daerah pedalaman Indonesia. Kekecewaan mereka semakin bertambah, setelah Kemendikbud memutuskan untuk membuka pendaftaran lagi, dan akhirnya di undur.

Masyarakat menganggap pemerintah kurang serius menangani program tersebut. Apalagi jika kita analisa, jadwal pendaftaran tahun ini jauh tertinggal dari pada tahun sebelumnya. Dan di lanjutkan dengan penundaan. Hal ini, akan berimbas di daerah 3T. Daerah sasaran akan sempat mengalami kekosongan, karena tidak ada guru SM-3T baru yang di tempatkan untuk mengajar. 

Semoga untuk kedepannya pemerintah lebih mempersiapkan program SM-3T lebih matang lagi, sehingga tidak terulang lagi seperti tahun ini. 

No comments:

Post a Comment

Pages - Menu